Free West Papua : Inalum boss: Papua Like Wakanda Black Panther

Man with guitar. 
PT Indonesia Asahan Aluminium, holding BUMN Tambang, mengungkapkan bahwa cadangan emas di Pulau Papua sangat besar dan tidak hanya berada di Tambang Grasberg yang saat ini dikuasai oleh PT Freeport Indonesia.
Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin menyatakan mengatakan Papua Fold Belt merupakan daerah yang secara geologis memiliki cadangan emas terbaik di dunia. "Papua ini seperti Wakanda. Kalau Wakanda kaya akan vibranium, Papua kaya akan emas," katanya dalam acara buka puasa bersama, Jumat (18/5/2018).
Ia menjelaskan tidak banyak orang tahu soal ini. Itulah sebabnya Presiden Jokowi, kata dia, berani bikin jalan Trans Papua agar banyak orang tahu disana banyak emas.
Dalam presentasi yang dia paparkan, Papua Nugini sebagai negara tetangga yang berbatasan dengan Papua telah memiliki 10 tambang emas. Sementara di Papua baru hanya ada satu tambang, yakni Tambang Grasberg.
"Seharusnya namanya bukan Papua Fold Belt tetapi Papua Gold Belt (Jalur Emas Papua), tetapi agar tidak biar tidak ribut pakai nama Papua Fold Belt," ujarnya berkelakar.
Papua Fold Belt atau Jalur Lipatan Papua merupakan istilah untuk mengindentifikasi kondisi geologi di Pulau Papua.
Besarnya cadangan emas di Papua, menurut dia, yang selama ini ditutupi dengan isu pulau ini masih terbelakang, banyak penyakit seperti Malaria, hingga pembangunan yang lambat. Belum lagi isu-isu yang membuat seakan-akan kondisi di pulai ini mengerikan, rawan konflik, dan sebagainya.
Antam, menurut Budi, telah melakukan eksplorasi di Papua meskipun belum mendapatkan hasil. "Antam sempat eksplorasi di daerah dekat Papua Nugini tetapi karena medannya berat, Antam sempat berhenti eksplorasi. Ini menjadi tugas kami untuk meneruskan eksplorasi," tegasnya.

Sumber : CNBC Indonesia
 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.