Toll Sea Allows Papua to Export to 54 Countries

Tol Laut Memungkinkan Papua Ekspor ke 54 Negara 

JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia IV (Pelindo IV) memastikan dengan adanya konektivitas program tol laut memungkinkan masyarakat Papau untuk ekspor langsung ke 54 negara.

"Ini telah mampu meningkatkan daya saing produktivitas hingga berhasil menurunkan biaya ekonomi di wilayah Indonesa Timur," kata Direktur Utama Pelindo IV Doso Agung dalam rilisnya di Jakarta, Minggu (29/10/2017).

Hal tersebut disampaikan Doso pada saat menjadi dosen tamu di Universitas Cenderawasih, Jayapura, Papua. Hal ini dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, di mana Kementerian BUMN menyelenggarakan kegiatan 'BUMN Hadir di Kampus' yang serentak di 28 perguruan tinggi di Indonesia.

Doso membawakan makalah mengenai konektivitas yang telah mampu menurunkan harga-harga kebutuhan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di timur Indonesia. Acara ini turut dihadiri 1.050 mahasiswa, rektor, guru besar serta dosen.

"Konektivitas kini dirasakan manfaatnya dan memperkuat ketahanan pangan dengan memastikan ketersediaan kebutuhan pokok, keterjangkauan dan kestabilan harga, serta kualitas beberapa komoditas utama, seperti beras, minyak goreng, dan gula di kawasan Timur Indonesia," tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut, Pelindo IV juga memberikan hadiah berupa uang tabungan sebesar Rp1 juta untuk 15 mahasiswa yang bisa menjawab pertanyaan. Selain itu ada hadian lainnya berupa laptop, sepeda, batuan pembangunan pos security dan bangku belajar dari sejumlah BUMN seperti PT Pelindo IV, PT Danareksa maupun Perusahaam Perdagangan Indonesia (PPI).

Adapun BUMN hadir untuk kampus bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kepada civitas akademika tentang kondisi perekonomian nasional dan peran strategis BUMN dalam pembangunan ekonomi nasional serta untuk meningkatkan link and match antara BUMN masyarakat dan perguruan tinggi.

"Sebab, civitas akademika merupakan bagian penting dari generasi bangsa yang diharapkan mampu mengubah bangsa Indonesia menjadi lebih baik, adil, makmur dan sejahtera," urainya.

Dia juga berharap agar para mahasiswa bisa terus bersemangat dan aktif bergiat, berinovasi dan berkreasi, memberikan ide-ide dan energi terbaik bagi bangsa dan negara dengan melibatkan diri di berbagai program yang dimotori oleh BUMN.  


 



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.